Judul

Sabtu, 13 Juni 2020

METODE TAKE AND GIVE (TG)

METODE TAKE AND GIVE

a.      Pengertian Metode

Take and give secara bahasa mempunyai arti mengambil dan memberi, maksud take and give dalam metode pembelajaran adalah dimana siswa menerima dan memberi pelajaran pada siswa yang lainnya. Ruswanti Dede (2009:8). Mendefinisikan metode pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) sebagai  suatu metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk saling berbagi mengenai materi yang akan dan sedang disampaikan oleh guru. Dengan kata lain metode ini melatih siswa terlihat secara aktif dalam menyampaikan materi yang mereka terima ke teman atau siswa yang lain secara berulang-ulang.

Beberapa ahli percaya bahwa suatu mata pelajaran benar-benar dikuasai, apabila siswa mampu mengajarkan pada peserta lain. Dengan mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu yang baik pada waktu yang sama saat ia menjadi narasumber bagi yang lain.

Metode ini menuntut siswa (yang bertugas memberi materi) mampu menjadi narasumber dan mitra belajar bagi teman-teman yang lain, dengan saling bertukar pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena itu, dituntut untuk menguasai materi yang menjadi topik bahasannya dan mempunyai kemampuan berkomunikasi, sehingga ia dapat menyampaikan materi tersebut kepada siswa lain. Demikian juga siswa yang menerima informasi dituntut untuk dapat menangkap materi yang disampaikan kepadanya dengan baik. Karena ia pun harus mampu mengembangkan sebuah contoh yang relevan dengan materi yang diterimanya (Dewi, 2014).

Dalam proses pembelajarannya, metode pembelajaran take and give dibantu dengan menggunakan media pembelajaran berupa kartu yang berisi materi yang akan dipelajari.

 

b.      Sintak Metode

Adapun sintaks pembelajaran metode Take and Give menurut Uno dan Mohamad (2011) yaitu sebagai berikut:

1)      Tahap Persiapan

Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sistem penilaian, menyiapkan kartu take and give.

2)      Presentasi guru

Guru menyampaikan indikator pembelajaran dan menjelaskan materi secara garis besarnya sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat.

3)      Membaca materi setiap siswa diberi satu kartu untuk dipelajari dengan memberikan batasan waktu.

4)      Kegiatan kelompok

Ditandai dengan mencari pasangan untuk  saling saling member informasi. Setiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu

 

5)      Evaluasi keberhasilan oleh guru.

Pada tahap evaluasi ini, untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahai materi yang telah diberikan dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, serta ketepatan jawaban yang diberikan atau diajukan.

6)      Kesimpulan

 

c.       Kelebihan dan Kekurangan Metode

Sebagai sebuah metode, take and give memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Diantara kelebihan dari metode ini adalah:

Kelebihan Metode Pembelajaran Take and Give (TG) seperti yang diunggakpkan oleh Huda (2014:243) yaitu:

1)      Dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan keinginan dan situasi pembelajaran.

2)      Melatih siswa untuk bekrjasama dan menghargai kemampuan orang lain.

3)      Melatih siswa untuk berinteraksi secara baik dengan teman sekelas.

4)      Memperdalam dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan.

5)      Meningkatkan tanggung jawab siswa sebab masing-masing siswa dibebani pertanggung jawaban, atas kartunya masing-masing.

6)      Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa lainnya.

7)      Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan penguasaan siswaakn informasinya

 

Adapun kekurangan dari metode take and give adalah sebagai berikut:

1)      Bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat.

2)      Membutuhkan waktu yang relatif lama.

3)      Kesulitan untuk mendisiplinkan siswa dalam kelompok-kelompok

4)      Ketidak sesuaian skill antara siswa yang memiliki kemampuan akdemik baik dan siswa yang kurang memiliki kemampuan akademik

5)      Kecenderungan terjadianya siswa yang tidak berperan/ berkonstrubusi dalam setiap kelompok

 

d.      Tips Penggunaan Metode

Untuk meminimalisir kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam penggunaan metode take and give ini, antara lain:

1)      Guru menjabarkan uraian materi terlebih dahulu sebelum dibagikan kartu kepada siswa, agar materi terarah.

2)      Memberikan pemahaman kepada siswa agar bekerja sama dan menghargai kemampuan orang lain.

3)      Guru hendaknya memberikan klarifikasi dan penguatan materi di akhir pembelajaran, agar informasi yang diterima siswa tepat.

4)      Mengelola penggunaan waktu dengan tepat.

5)      Guru senantiasa membimbing siswa di setiap kelompok, serta membimbing siswa yang kurang kemampuan akademiknya

6)      Guru memodifikasi lagi penggunaan metode ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta situasi pembelajaran, agar pembelajaran tidak kaku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers