METODE TAKE AND GIVE
a.
Pengertian Metode
Take and give secara bahasa
mempunyai arti mengambil dan memberi, maksud take and give dalam metode
pembelajaran adalah dimana siswa menerima dan memberi pelajaran pada siswa yang
lainnya. Ruswanti Dede
(2009:8). Mendefinisikan metode pembelajaran menerima dan memberi (Take
and Give) sebagai suatu metode
pembelajaran yang mengajak siswa untuk saling berbagi mengenai materi yang akan
dan sedang disampaikan oleh guru. Dengan kata lain metode ini melatih siswa
terlihat secara aktif dalam menyampaikan materi yang mereka terima ke teman
atau siswa yang lain secara berulang-ulang.
Beberapa ahli percaya bahwa suatu mata
pelajaran benar-benar dikuasai, apabila siswa mampu mengajarkan pada peserta
lain. Dengan mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mempelajari sesuatu yang baik pada waktu yang sama saat ia menjadi narasumber
bagi yang lain.
Metode ini menuntut siswa (yang bertugas
memberi materi) mampu menjadi narasumber dan mitra belajar bagi teman-teman
yang lain, dengan saling bertukar pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena itu,
dituntut untuk menguasai materi yang menjadi topik bahasannya dan mempunyai
kemampuan berkomunikasi, sehingga ia dapat menyampaikan materi tersebut kepada
siswa lain. Demikian juga siswa yang menerima informasi dituntut untuk dapat
menangkap materi yang disampaikan kepadanya dengan baik. Karena ia pun harus
mampu mengembangkan sebuah contoh yang relevan dengan materi yang diterimanya
(Dewi, 2014).
Dalam proses pembelajarannya, metode
pembelajaran take and give dibantu dengan menggunakan media pembelajaran berupa
kartu yang berisi materi yang akan dipelajari.
b.
Sintak Metode
Adapun sintaks pembelajaran metode Take
and Give menurut Uno
dan Mohamad (2011) yaitu sebagai berikut:
1)
Tahap
Persiapan
Guru
membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sistem penilaian, menyiapkan kartu take and give.
2)
Presentasi
guru
Guru
menyampaikan indikator pembelajaran dan menjelaskan materi secara garis
besarnya sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat.
3)
Membaca
materi setiap siswa diberi satu kartu untuk dipelajari dengan memberikan
batasan waktu.
4)
Kegiatan
kelompok
Ditandai
dengan mencari pasangan untuk saling saling
member informasi. Setiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu
5)
Evaluasi
keberhasilan oleh guru.
Pada
tahap evaluasi ini, untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahai
materi yang telah diberikan dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang
diajukan, serta ketepatan jawaban yang diberikan atau diajukan.
6)
Kesimpulan
c.
Kelebihan dan Kekurangan Metode
Sebagai sebuah metode, take and give
memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Diantara kelebihan dari metode ini
adalah:
Kelebihan Metode Pembelajaran Take and
Give (TG) seperti yang diunggakpkan oleh Huda (2014:243) yaitu:
1)
Dapat
dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan keinginan dan situasi pembelajaran.
2)
Melatih
siswa untuk bekrjasama dan menghargai kemampuan orang lain.
3)
Melatih
siswa untuk berinteraksi secara baik dengan teman sekelas.
4)
Memperdalam
dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan.
5)
Meningkatkan
tanggung jawab siswa sebab masing-masing siswa dibebani pertanggung jawaban,
atas kartunya masing-masing.
6)
Siswa
akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan
informasi dari guru dan siswa lainnya.
7)
Dapat
menghemat waktu dalam pemahaman dan penguasaan siswaakn informasinya
Adapun kekurangan dari metode take
and give adalah sebagai berikut:
1)
Bila
informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang
diterima siswa lain pun akan kurang tepat.
2)
Membutuhkan waktu yang relatif lama.
3)
Kesulitan
untuk mendisiplinkan siswa dalam kelompok-kelompok
4)
Ketidak
sesuaian skill antara siswa yang memiliki kemampuan akdemik baik dan siswa yang
kurang memiliki kemampuan akademik
5)
Kecenderungan
terjadianya siswa yang tidak berperan/ berkonstrubusi dalam setiap kelompok
d.
Tips Penggunaan Metode
Untuk
meminimalisir kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam
penggunaan metode take and give ini, antara lain:
1)
Guru
menjabarkan uraian materi terlebih dahulu sebelum dibagikan kartu kepada siswa,
agar materi terarah.
2)
Memberikan
pemahaman kepada siswa agar bekerja sama dan menghargai kemampuan orang lain.
3)
Guru
hendaknya memberikan klarifikasi dan penguatan materi di akhir pembelajaran,
agar informasi yang diterima siswa tepat.
4) Mengelola
penggunaan waktu dengan tepat.
5)
Guru
senantiasa membimbing siswa di setiap kelompok, serta membimbing siswa yang
kurang kemampuan akademiknya
6)
Guru
memodifikasi lagi penggunaan metode ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
serta situasi pembelajaran, agar pembelajaran tidak kaku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar