Judul

Sabtu, 13 Juni 2020

METODE COMPLETTE SENTENCE

a.      Pengertian Metode

Pembelajaran complete sentence adalah metode pembelajaran mudah dan sederhana di mana siswa belajar melengkapi paragraf yang belum sempurna dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Metode ini merupakan metode pembelajaran bermakna yang dikembangkan dengan cara membantu siswa membangun keterkaitan antara informasi (pengetahuan) baru dengan pengalaman (pengetahuan lain) yang telah dimiliki dan dan dikuasai siswa (Suprijono, 2009).

Metode pembelajaran ini diterapkan dalam pembelajaran dengan cara individual atau berdiskusi kelompok, dengan diberikan lembar kerja yang berisi kalimat atau paragraf yang belum lengkap kalimatnya yang akan diisi oleh siswa.

Sebelum menerapkan metode ini, sebaiknya soal dibuat sesuai dengan prinsip/ciri-ciri complete sentence berikut ini:

1)      Soal yang disampaikan berupa kalimat yang belum lengkap, sehingga makna/ arti kalimat tersebut belum dapat dimengerti.

2)      Kalimat yang banyak dan saling berkaitan dalam sebuah paragrap, dan belum sempurna serta belum dimengerti maknanya.

3)      Kalimat dapat dilengkapi dengan pilihan kata yang disediakan.

4)      Harus diisi dengan kata-kata tertentu, misal istilah keilmuan/ kata asing.

5)      Jawaban dari kalimat yang belum lengkap itu sudah disediakan.

 

b.      Sintak Metode

langkah-langkah penggunaan metode complete sentence adalah sebagai berikut:

1)      Tahap perencanaan

a)      Menyiapkan soal yang sesuai indikator dengan menghilangan satu kata dalam kalimat

b)      Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

c)      Menyajikan materi secara umum

a)      Menjelaskan langkah-langkah pokok complete sentence

2)      Tahap pelaksanaan

a)      Membentuk kelompok berpasangan dua orang atau berkelompok

b)      Membagikan lembar kerja berupa kalimat yang belum lengkap

c)      Memberi kesempatan kepada setiap siswa (dalam kelompok) untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia

d)     Siswa berdiskusi secara berkelompok

e)      Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki.

f)       Tiap peserta membaca materi sampai mengerti atau hafal

3)      Tahap akhir

Setelah complete sentence selesai, hendaknya guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang kiranya belum dipahami siswa. Kemudian secara bersama-sama menyimpulkan materi yang dipelajari.

 

c.       Kelebihan dan Kekurangan Metode

Sebagai sebuah metode, complete sentence memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Diantara kelebihan metode pembelajaran ini adalah sebagai berikut:

1)      Mudah dibuat guru, hanya dengan menghilangan satu kata dalam kalimat.

2)      Siswa tidak perlu menjelaskan jawabannya, hanya perlu memadukan jawabannya.

3)      Materi akan terarah dan tersaji secara benar sebab.

4)      Dapat memperdalam pengetahuan siswa melalui lembar kerja yang dibagikan kepadanya.

5)      Dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, sabab masing-masing siswa diminta tanggung jawabnya atas hasil pekerjaannya.

Adapun kekurangan dari metode complete sentence adalah sebagai berikut:

1)      Guru kurang kreatif dan inovasi dalam membuat soal.

2)      Kurang cocok untuk dipergunakan dalam setiap bidang studi.

3)      Siswa kurang terpacu mencari jawaban karena hanya cukup menebak kata, karena biasanya hanya kata hubung.

 

d.      Tips Penggunaan Metode

Untuk meminimalisir kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam penggunaan metode complete sentence ini, antara lain:

1)      Guru hendaknya kreatif dan inovasi dalam membuat soal, sehingga siswa terpacu mencari jawaban

2)      Bisa digunakan dalam semua bidang study dengan materi pengetahuan.

3)      Bisa juga digunakan dalam materi menyambungkan ayat al qur’an


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers