a.
Pengertian Metode
Pembelajaran complete sentence adalah
metode pembelajaran mudah dan sederhana di mana siswa belajar melengkapi
paragraf yang belum sempurna dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Metode
ini merupakan metode
pembelajaran bermakna yang dikembangkan dengan cara membantu siswa membangun
keterkaitan antara informasi (pengetahuan) baru dengan pengalaman (pengetahuan
lain) yang telah dimiliki dan dan dikuasai siswa (Suprijono, 2009).
Metode pembelajaran
ini diterapkan dalam pembelajaran dengan cara individual atau berdiskusi
kelompok, dengan diberikan lembar kerja yang berisi kalimat atau paragraf yang
belum lengkap kalimatnya yang akan diisi oleh siswa.
Sebelum menerapkan metode ini, sebaiknya
soal dibuat sesuai dengan prinsip/ciri-ciri complete sentence berikut ini:
1)
Soal
yang disampaikan berupa kalimat yang belum lengkap, sehingga makna/ arti
kalimat tersebut belum dapat dimengerti.
2)
Kalimat
yang banyak dan saling berkaitan dalam sebuah paragrap, dan belum sempurna
serta belum dimengerti maknanya.
3)
Kalimat
dapat dilengkapi dengan pilihan kata yang disediakan.
4)
Harus
diisi dengan kata-kata tertentu, misal istilah keilmuan/ kata asing.
5)
Jawaban
dari kalimat yang belum lengkap itu sudah disediakan.
b.
Sintak Metode
langkah-langkah penggunaan metode complete
sentence adalah sebagai berikut:
1)
Tahap
perencanaan
a)
Menyiapkan
soal yang sesuai indikator dengan menghilangan satu kata dalam kalimat
b)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
c)
Menyajikan
materi secara umum
a)
Menjelaskan
langkah-langkah pokok complete sentence
2)
Tahap
pelaksanaan
a)
Membentuk
kelompok berpasangan dua orang atau berkelompok
b)
Membagikan
lembar kerja berupa kalimat yang belum lengkap
c)
Memberi
kesempatan kepada setiap siswa (dalam kelompok) untuk melengkapi kalimat dengan
kunci jawaban yang tersedia
d)
Siswa
berdiskusi secara berkelompok
e)
Setelah
jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki.
f)
Tiap
peserta membaca materi sampai mengerti atau hafal
3)
Tahap akhir
Setelah complete sentence selesai,
hendaknya guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang kiranya belum
dipahami siswa. Kemudian secara bersama-sama menyimpulkan materi yang
dipelajari.
c.
Kelebihan dan Kekurangan Metode
Sebagai sebuah metode, complete
sentence memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Diantara kelebihan metode pembelajaran ini adalah
sebagai berikut:
1)
Mudah
dibuat guru, hanya dengan menghilangan satu kata dalam kalimat.
2)
Siswa
tidak perlu menjelaskan jawabannya, hanya perlu memadukan jawabannya.
3) Materi akan terarah dan tersaji secara benar
sebab.
4) Dapat memperdalam pengetahuan siswa melalui
lembar kerja yang dibagikan kepadanya.
5) Dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, sabab
masing-masing siswa diminta tanggung jawabnya atas hasil pekerjaannya.
Adapun kekurangan dari metode complete
sentence adalah sebagai berikut:
1)
Guru
kurang kreatif dan inovasi dalam membuat soal.
2)
Kurang
cocok untuk dipergunakan dalam setiap bidang studi.
3)
Siswa
kurang terpacu mencari jawaban karena hanya cukup menebak kata, karena biasanya
hanya kata hubung.
d.
Tips Penggunaan Metode
Untuk
meminimalisir kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam
penggunaan metode complete sentence ini, antara lain:
1)
Guru
hendaknya kreatif dan inovasi dalam membuat soal, sehingga siswa terpacu
mencari jawaban
2)
Bisa digunakan dalam semua bidang study dengan
materi pengetahuan.
3)
Bisa juga digunakan dalam materi menyambungkan ayat
al qur’an
Tidak ada komentar:
Posting Komentar