Judul

Sabtu, 13 Juni 2020

METODE GROUP INVESTIGATION (GI)

METODE GROUP INVESTIGATION

a.      Pengertian Metode

Group Investigation merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau siswa dapat mencari melalui internet. Metode pembelajaran group investigation merupakan salah satu tipe dari metode pembelajaran kooperatif yang berupa kegiatan belajar yang memfasilitasi siswa untuk belajar dalam kelompok kecil yang heterogen, dimana siswa yang berkemampuan tinggi bergabung dengan siswa yang berkemampuan rendah untuk belajar bersama dan menyelesaikan suatu masalah yang di tugaskan oleh guru kepada siswa.

Dalam metode group investigation terdapat tiga konsep utama, yaitu: penelitian atau inquiry, pengetahuan atau knowledge, dan dinamika kelompok atau the dynamic of the learning group (Udin S. Winaputra, 2001).

Tipe ini bertujuan agar para siswa:

1)      Memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok.

2)      Memiliki kemampuan berfikir mandiri.

3)      Selalu aktif terlibat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran dalam mencari atau menginvestigasi materi atau permasalahan yang diberikan oleh guru

4)      Memberikan respon terhadap masalah dan memecahkan masalah tersebut.

5)      Memperoleh pengalaman belajar yang diperoleh siswa baik secara langsung maupun tidak langsung.

6)      Melakukan dinamika kelompok, berbagai ide dan pendapat serta saling bertukar pengalaman melaui proses saling beragumentasi.

 

b.      Sintak Metode

Langkah-langkah penerapan metode group investigation menurut Slavin, 1995 dalam Siti Maesaroh (2005), adalah sebagai berikut:

Tahap I Mengidentifikasi topic dan membagi siswa ke dalam kelompok.

Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberi kontribusi apa yang akan mereka selidiki. Kelompok dibentuk berdasarkan heterogenitas, dan diberi tugas yang berbeda dengan kelompok lain.

Tahap II Merencanakan tugas.

Kelompok akan membagi sub topik kepada seluruh anggota. Kemudian membuat perencanaan dari masalah yang akan diteliti, bagaimana proses dan sumber apa yang akan dipakai.

Tahap III Membuat penyelidikan.

Siswa mengumpulkan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membuat kesimpulan dan mengaplikasikan bagian mereka ke dalam pengetahuan baru dalam mencapai solusi masalah kelompok.

Tahap IV Mempersiapkan tugas akhir.

Setiap kelompok mempersiapkan tugas akhir yang akan dipresentasikan di depan kelas.

Tahap V Mempresentasikan tugas akhir

Siswa mempresentasikan hasil kerjanya. Kelompok lain tetap mengikuti

Tahap VI Evaluasi

Soal ulangan mencakup seluruh topik yang telah diselidiki dan dipresentasikan.

 

c.       Kelebihan dan Kekurangan Metode

Di dalam pemanfaatannya atau penggunaannya metode pembelajaran group investigation juga mempunyai kekurangan dan kelebihan. Diantara kelebihan dari metode ini adalah:

1)      Meningkatkan motivasi, kreativitas  dan prestasi belajar siswa baik secara individu ataupun kelompok

2)      Mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat membangun pengetahuan siswa.

3)      Meningkatkan rasa tanggug jawab siswa baik secara individu maupun berkelompok

4)      Memberikan kesempatan berkolaborasi bekerjasama dan berinteraksi antar siswa dalam berdiskusi untuk memecahkan masalahnya.

5)      Melatih siswa untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengemukakan pendapat dengan baik.

6)      Memotivasi dan mendorong siswa agar aktif mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.

 

Adapun kekurangan dari metode group investigation adalah sebagai berikut:

1)      Termasuk metode pembelajaran yang kompleks dan sulit untuk dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif.

2)      Tidak semua topik cocok dengan metode pembelajaran group investigation.

3)      Siswa yang tidak tuntas memahami materi prasyarat akan mengalami kesulitan saat menggunakan metode ini.

4)      Siswa hanya memahami materi kelompoknya, dan kurang memeprhatikan, presentasi kelompok lain, sehingga tidak semua materi dapat dikuasai siswa

5)      Sulitnya memberikan penilaian secara individu.

6)      Membutuhkan waktu yang lama.

 

d.      Tips Penggunaan Metode

Untuk meminimalisir kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam penggunaan metode group investigation ini, antara lain:

1)      Guru membuat perencanaan pembelajaran, sistem penilaian, menyiapkan LKS (lembar kerja siswa) dan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan anggota kelompok yang kemampuan akademiknya heterogen.

2)      Pilihlah materi atau topik yang cocok dengan metode pembelajaran group investigation.

3)      Guru hendaknya memberikan bimbingan dan pengarahan dalam berbagai kesempatan agar tidak terjadi keributan didalam kelas.

4)      Waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai siswa terlalu banyak bermain- main dalam proses pembelajaran

5)      Guru senantiasa mengarahkan siswa agar senantiasa memperhatikan pada saat presentasi pasangan.

6)      Guru merancang penilaian dengan baik, yang mencakup penilaian individu maupun kelompok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers