Judul

Sabtu, 13 Juni 2020

METODE PAIR CHECK (PC)

METODE PHAIR CHEK

a.      Pengertian Metode

Metode Pair Check dipopulerkan oleh Spencer Kagen tahun 1993, dan merupakan modifikasi dari tipe think pairs share. Sanjaya (2012) menjelaskan bahwa, pembelajaran pasangan mengecek (pair check) adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif berpasangan (kelompok sebangku) yang bertujuan untuk mendalami atau melatih materi yang telah dipelajarinya. Dalam metode ini, siswa saling berpasangan dan menyelesaikan persoalan yang diberikan, sedangkan  guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator aktivitas siswa.

Tujuan metode ini adalah:

1)      Melatih kemandirian dan kemampuan Siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan.

2)      Melatih rasa sosial siswa, kerjasama, dan kemampuan memberi penilaian.

 

b.      Sintak Metode

Menurut Suyatno (2009) sintaks dari pair check adalah:

1)      Menyajikan informasi kompetensi

2)      Mendemontrasikan pengetahuan dan keterampilan prosedural

3)      Membimbing pelatihan penerapan pair check siswa

4)      Salah seorang siswa menyajikan persoalan dan temannya mengerjakan

5)      Mengecek jawaban

6)      Bertukar peran

7)      Menyimpulkan dan evaluasi

8)      Refleksi.

 

c.       Kelebihan dan Kekurangan Metode

Sebagai sebuah metode, Pair check memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Diantara kelebihan dari metode ini adalah:

1)      Suasana pembelajaran yang membuat siswa aktif, antusias dan menyenangkan

2)      Meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir cepat

3)      Meningkatkan pemahaman atas konsep dan/atau proses pembelajaran

4)      Melatih siswa untuk bersabar memberikan waktu bagi pasangannya untuk berpikir

5)      Melatih siswa memberikan dan menerima motivasi dari pasangannya secara tepat dan efektif.

6)      Melatih siswa untuk bersikap terbuka terhadap kritik atau saran yang membangun dari pasangannya,.

7)      Melatih siswa untuk membimbing orang lain (pasangannya).

8)      Melatih siswa untuk bertanya atau meminta bantuan kepada orang lain (pasangannya) dengan cara yang baik.

9)      Melatih siswa untuk menawarkan bantuan atau bimbingan pada orang lain dengan cara yang baik.

10)  Melatih siswa untuk belajar menjaga ketertiban kelas (menghindari keributan yang mengganggu suasana belajar)

11)  Metode bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia.

 

Adapun kekurangan dari metode Pair check adalah sebagai berikut:

1)      Dibutuhkan kesiapan siswa untuk menjadi pembimbing dan partner yang jujur dan memahami soal dengan baik.

2)      Membutuhkan pemikiran dan konsentrasi yang tinggi

3)      Bagi anak usia sekolah dasar pemikiran dan konsentrasi yang tinggi sulit untuk dilakukan

4)      Siswa kadang sulit membedakan antara memberi bimbingan dengan memberikan jawaban kepada partner. Padahal setiap partner tidak boleh memberi jawaban atau membantu mengerjakan secara langsung saat mereka berpasangan mengerjakan soal.

5)      Membutuhkan waktu yang telatif lama (banyak).

 

d.      Tips Penggunaan Metode

Untuk meminimalisir kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam penggunaan metode pair check ini, antara lain:

1)      Guru membuat persiapan yang teliti sebelumnya, termasuk pembagian waktu.

2)      Guru tegas dalam mengatur jalannya pembelajaran, sehingga sesuai rencana

3)      Bagilah siswa menjadi kelompok atas dan kelompok bawah berdasarkan kemampuan belajarnya, kemudian buat kelompok pasangan yang anggotanya harus terdiri dari siswa kelompok atas dan siswa kelompok bawah.

4)      Siapkan soal berjumlah genap. Soal pertama dan soal kedua harus memiliki tingkat kesulitan serta bentuk yang sama, begitu seterusnya.

5)      Jelaskan sedetail mungkin peranan setiap orang terhadap dirinya juga terhadap pasangannya, agar tidak terjadi kebingungan dalam berbagi tugas.

6)      Berikan contoh penerapan langkah-langkah pairs check di awal pembelajaran untuk soal nomor 1 dan 2 (dua pertanyaan pertama).

7)      Contohkan bagaimana cara mengamati, membimbing, memotivasi partner saat mereka berpasangan.

8)      Jelaskan perbedaan antara memberi bimbingan dengan memberikan jawaban kepada partner.

9)      Gunakan hanya 1 LKS dan 1 pensil (pulpen) untuk satu pasangan untuk mengefektifkan proses pembelajaran saat berpasangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers