Judul

Sabtu, 20 Desember 2014

Traveling Bali Part 9: Uluwatu

9.     ULUWATU
Uluwatu lebih dikenal dengan puranya yang berada diatas karang dengan kera - kera yang menghuni kawasan objek wisata uluwatu tersebut. Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu pura di Bali dengan lokasinya yang sangat indah.Daya tarik utama bagi para wisatawan dari pura ini adalah panoramanya yang spektakuler.Terletak di bagian barat laut, pura ini seperti bertengger di ujung tebing batu yang sangat tinggi dan curam, dengan pemandangan lautnya dibawah berwarna biru bersih dan hantaman ombak yang menghasilkan buih-buih putih yang sangat cantik.
Menurut sejarah, seorang pendeta Hindu yang berasal dari Jawa bernama Empu Kuturan adalah orang yang pertama kali membangun pura di tempat ini.Kemudian diteruskan oleh sejawatnya yang kemudian juga membangun pura Tanah Lot yang juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang sangat indah.
Untuk bisa masuk kedalam pura ini pengunjung harus mengenakan sarung dan selempang yang bisa disewa ditempat itu.Waktu terbaik untuk mengunjungi pura Uluwatu adalah sore hari pada saat matahari terbenam sehingga bisa menyaksikan pemandangan spektakulernya.

Disekitar komplek pura Uluwatu ini, terdapat segerombolan monyet.Para monyet ini ternyata suka usil dengan mengambil berbagai macam barang yang kami bawa. Barang yang sering menjadi incaran mereka adalah kacamata, tas, dompetatau apa saja yang gampang direbut. Jadi hati-hati dengan mereka apabila sedang berkunjung di komplek pura.
 Di Uluwatu juga terdapat pantai, namun jarang dijadikan tujuan wisata oleh biro perjalanan wisata karena memang pantai ini berada agak tersembunyi dari jalanan. Memang uluwatu tidak seperti pantai-pantai lainnya yang berada di pinggir jalan, untuk mencapai pantai Uluwatu ini kita harus berjalan kaki menyusuri anak tangga yang lumayan melelahkan.
Pantai Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Bali, satu arah dengan pantai Dreamland dan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Pantai ini sangat disukai oleh pecinta olahraga air yaitu surfing karena ombak di pantai ini cukup besar karena tepi pantainya berupa batu-batu karang. Menurut penelitian bila sebuah pantai memiliki banyak batu karang maka ombak yang dihasilkan akan lebih besar dibanding pantai yang ditepinya berupa pasir biasa, dan ini merupakan objek berfoto ria yang sangat mantap. Namun sayang kami tidak sempet ber selfie ria atau ber-grouvi ria, masalahnya semua tidak kami bawa di mobil... hehe.. aneh ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers