Judul

Sabtu, 20 Desember 2014

Traveling Bali part 1 : Tanah Lot

1.     TANAH LOT
Objek Wisata yang pertama kali kami kunjungi adalah Tanah Lot. Perjalanan yang kami tempuh dari Bandara di Denpasar menuju Tanah Lot di Tabanan ini sekitar satu setengah jam, hal itu dikarenakan di perjalanan ada sedikit kemacetan yakni perbaikan salah satu jembatan yang rusak, padahal menurut Pak Yani, biasanya jarak tempuhnya hanya sekita 45 menit. Ya sudahlah..yang penting alhamdulillah pada pukul lima sore kami sudah sampai di lokasi. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini, begitupun kami tak mau ketingggalan ingin menikmati indahnya matahari terbenam di tanah Lot. Alasan lain kenapa kami langsung mengunjungi tempat ini, karena pada malam ke satu ini kami disambut oleh salah seorang sahabat kami yang tinggalnya di Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan Bali, bahkan masih satu kecamatan dengan tanah Lot. Obyek wisata tanah lot sendiri terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Memang tanah lot ini dari Bandara Ngurah Rai agak jauh, memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan, tapi semua itu akan terbayar oleh indahnya objek wisata Tanah Lot yang melegenda.  
Ketika pertama masuk di lokasi wisata, mata kita akan disambut oleh jajaran pedagang yang menjual souvenir khas bali, kemudian kita diarahkan untuk terus menelusuri jalan yang disepanjang jalan tersebut masih dipenuhi took-toko souvenir. Sesampainya di ujung, mata kita akan dimanjakan oleh indahnya lautan di sela-sela batu karang. Bahkan di atas batu karang brsar terdapat sebuah pura yang kebetulan pada saat itu aur sedang pasang, jadi seakan pura tersebut ada di pulau yang berbeda.  Pura ini menjadi ciri khas dari tanah lot, banyak para wisatawan yang mengabadikan kunjungannya dengan memanfaatkan background pura ini, bahkan dijadikan tempat yang pas buat pengambilan photo Pra Wedding. Setelah puas bercengkrama dengan debur ombak dan indahnya matahari terbenam, kami pun menghampiri pura yang satunya lagi. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut.Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung), Pura ini mirip dengan Pura Uluwatu. 
Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali.Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Beliau adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha.Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot.Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana.Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura.Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra.Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben ‘akhirnya’ menjadi pengikut Danghyang Nirartha. 

Kami menikmati keindahan objek wisata ini sampai matahari tenggelam... indah memang...banyak para turis yang menikmatu sunset di pantai ini, bahklan ada juga pasangan calon pengantin yang melakukan photo pra wedding.... Subhanaalloh, maha sui Alloh yang telah menciptakan alam dengan segala keindahannya..maka nikmat manakan yang akan kita dustakan? Namun saying… karena keasyikan menikmati alam, kami jadi tidak bisa mengambil gambar dengan baik..matahari keburu tenggelam.. dan inilah hasilnya..lumayan.. daripada tidak ada hehehe…..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers