Judul

Sabtu, 20 Desember 2014

Traveling Bali art 18: Masjid Masjid di Bali

18.     MASJID DI BALI
Bagi kami wisatawan muslim, tentunya sangat mencari info-info tentang keberadaan masjid di Bali, karena supaya kami bisa berlibur dengan tetap melaksanakan kewajiban shalat dengan khusu’. Agak susah memang menemukan masjid di Bali, karena memang tidak sebanyak di kota Jakarta atau Bandung, namun Alhamdulillah supir kami walaupun non muslim, namun beliau menunjukkan dan mengantar kami ke beberapa mesjid yang ada di Bali, berikut masjid-masjid yang ada di Bali hasil peneulusuran kami dan dari beberapa sumber:


a.    Masjid Nurul Huda, Tuban

Masjid Nurul Huda, Tuban, Bali berjarak kurang lebih 700 meter dari pintu keluar bandara Bali I Gusti Ngurah Rai. Masjid ini biasa menampung para jamaah yang kebanyakan para pegawai disekitar areal bandara dan banyak perkantoran di Jalan Raya Tuban.Juga ada para jamaah shalat Jumat dari daerah Jimbaran dan mungkin Nusa Dua. Dengan area parkir untuk motor dan mobil yang sangat lapang masjid ini nyaman untuk dikunjungi.

b.    Masjid Asasut Taqwa, Kampung Bugis Tuban, Bali


Tepatnya masjid ini terletak sekitar 20 m setelah melewati lampu merah atau setelah melewati patung Kuda di pertigaan Bandara, Kuta dan Nusa Dua. Bersebelahan dengan salah satu landasan pacu Bandara Ngurah Rai, sehingga pemandangan pesawat yang 'take-off' dan 'landing' dapat kita saksikan setiap saat kalau kita solat atau duduk-duduk di masjid ini sambil menunggu panggilan Adzan.

c.    Masjid Ar Rahmat, JL. Raya Kuta, Kuta, Bali


Bila anda dalam perjalanan dari Kuta ke Denpasar melalui jalan raya Kuta (bukan jalan by pass) maka anda akan menemukan masjid ini. Letaknya sekitar 500 meter begitu anda mau keluar dari Kuta menuju pertigaan ke Denpasar.Tepatnya bersebelahan dengan Rumah Makan Taliwang Bersaudara yang terkenal itu.Masjidnya tidak begitu luas karena ruangan dalam nya terdiri atas 2 lantai.

d.    Masjid An-Nur, Jl. Diponegoro 167, Denpasar



Masjid ini terletak di dalam kota Denpasar dan lokasinya dekat dengan Rumah Sakit Umum Sanglah di Denpasar.

e.    Masjid Agung Sudirman, Kompleks Kodam Udayana, Denpasar

Dari namanya masjid ini terletak di lingkungan komplek Kodam Udayana Bali. Bila anda sedang berada di Denpasar dan berada di sekitar Supermarket Matahari atau Gramedia yang dijalan Dewi Sartika, atau Supermaket Rimo dan Ramayana, atau di sekitar Kantor Kejaksaan Negeri Bali dan Pengadilan Negeri Bali maka masjid ini merupakan tempat yang terdekat dengan lokasi tersebut.

f.    Masjid At-Taqwa, Kompleks Polda Bali, JL. WR Supratman, Denpasar

Berdiri megah setelah di renovasi beberapa tahun yang lalu, masjid ini merupakan tempat yang terdekat untuk sholat bila anda berada di sekitar kompleks Polda Bali.

g.    Masjid Ibnu Batutah, Kompleks Puja Mandala, Nusa Dua, Bali.

Masjid Ibnu Batutah yang berdiri megah di Nusa Dua Bali merupakan representasi masyarakat muslim. Bangunan yang menjadi satu kesatuan lokasi dari beberapa rumah ibadah di Bali, menunjukkan wama Indonesia.Di satu lokasi itu berdiri rumah ibadah masyarakat yang hidup di tanah air.

h.    Masjid Palapa di Pantai Dream Land, Bali.

Masjid Palapa yang berdiri megah di Komplek Wisata Dream Land Bali mkehadirannya bagaikan oesis di tengah sahara. Masjid ini merupakan bangunan baru yang menjadi satu kesatuan lokasi di tengah moderntas. Lokasinya berada di jalan utama menuju ke Pantai Dram Land.

i.    Masjid Al Fattah, Komplek perum. Taman Griya, Jimbaran.
Masjid ini berada di dalam komplek perumahan Taman Griya. Perumahan yang berada persis di Jalan By Pass Ngurah Rai Nusa Dua - Kuta.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers