Judul

Sabtu, 20 Desember 2014

Traveling Bali Part 13: Pasar Seni Sukowati

13.     PASAR SENI SUKOWATI
Pasar Sukawati adalah pasar Seni yang sangat terkenal sampai ke penjuru dunia.Pasar seni Sukawati terdapat di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar, hamper dekat dengan Ubud. Jarak dari airport Denpasar sekitar tiga puluh kilometer, yang dapat ditempuh dengan mobil selama 45 menit. Pasar Seni Sukawati merupakan tempat dijualnya barang-barang seni khas Bali sehingga cocok dijadikan oleh-oleh Bali untuk kenang-kenangan. Di pasar seni ini ada ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang kerajinan, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendektassandal, dan banyak lagi. Motifnya unik dan khas Bali.
Pasar seni Sukawati sangat terkenal karena menjual pakaian dan kerajinan traditional khas Bali dengan harga yang sangat murah. Pakaian seperti Batik yang berciri khas Batik ornamen Bali. Selain itu juga banyak dijual pakaian baik celanan maupun baju, yang dapat digunakan di pantai dan harganya pun sangat murah dibandingkan dengan tempat lain. Jadi kami dapat membeli oleh-oleh khas Bali, yang dapat kami berikan kepada teman dan keluarga, tanpa banyak menghabiskan biaya liburan.
Semua harga yang ditawarkan disini, dapat kami tawar. Jadi pintar-pintarlah untuk menawar. Sebagai bocorannya, harga pas di pasar ini adalah sepertiga dari harga yang ditawarkan oleh penjual. Jika ingin sukses menawar harga, maka sebaiknya datang di pagi hari pada saat baru buka. Karena kepercayaan orang Bali jika pada saat baru buka dagangan langsung dapat jualan, maka akan memperlaris barang dagangan mereka. Jadi jika kita mampu datang ke pasar seni Sukawati pada pukul 10:00 wita (waktu lokal), alangkah baiknya mencoba menawar lebih murah.
Selain pakaian dan Batik, di pasar traditional ini juga terdapat lukisan yang dapat dibeli, aliran lukisan yang dijual seperti naturalis dan abstrak. Harga yang ditawarkan juga beranekaragam dan biasanya di pasar ini, harga ditentukan oleh ukuran lukisan. Kita juga dapat membeli lukisan dengan bingkai atau tanpa bingkai. Sebaiknya tanpa bingkai, karena bingkai lukisan akan menambah berat barang bawaan anda, apalagi jika anda menggunakan pesawat terbang.

Tidak banyak gambar yang bias kami ambil… karena selain sibuk belanja… juga baterai HP kami yang sudah mulai menipis…dan bahkan sampai mati…. Namun demikian, ini ada beberapa gambar yang bias kami unggah, yang mudah mudahan jadi referensi bagi yang mau mencoba berburu barang di pasar ini…





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers